Beranda | Artikel
Fatwa: Apakah Berdiri Menjawab Azan atau Salat Tahiyatul Masjid ketika Azan Salat Jumat?
Minggu, 6 Agustus 2023

Pertanyaan:

Jika saya masuk masjid saat muazin sedang azan, apakah saya salat tahiyatul masjid atau menjawab azan muazin terlebih dahulu kemudian salat tahiyatul masjid setelah azan selesai?

Jawaban:

Alhamdulillah.

Perkara yang utama dilakukan adalah menjawab azan kemudian salat tahiyatul masjid, sehingga anda terhitung melakukan dua ibadah, yakni menjawab azan dan salat tahiyatul masjid. Akan tetapi, jika berkenaan dengan salat Jumat, hendaknya anda bersegera salat tahiyatul masjid sehingga anda dapat mendengarkan khotbah Jumat. Karena mendengarkan khotbah lebih utama dibandingkan menjawab adzan.

Syekh Utsaimin rahimahullah pernah ditanya,

“Jika saya masuk masjid ketika muazin sedang azan, apa yang utama saya lakukan, salat tahiyatul masjid atau menjawab azan?”

Beliau menjawab,

“Dalam hal ini perlu rincian. Jika anda masuk masjid ketika muazin sedang azan salat Jumat dan khotib sudah di atas mimbar, maka pendapat saya dalam hal ini adalah segeralah salat tahiyatul masjid dan tidak perlu menunggu azan berakhir. Karena mendengarkan khotbah Jumat lebih utama dibandingkan mendengarkan azan. Mendengarkan khotbah hukumnya wajib, sedangkan menjawab azan hukumnya tidak wajib.

Adapun jika azan pada salat selain salat Jumat, maka yang lebih utama adalah tetap berdiri sambil menjawab azan, lalu setelah menjawab azan, berdoa dengan doa:

اللهم صل على محمد، اللهم رب هذه الدعوة التامة ، والصلاة القائمة ، آت محمداً الوسيلة والفضيلة ، وابعثه المقام المحمود الذي وعدته ، إنك لا تخلف الميعاد

Ya Allah, semoga selawat tercurah kepada Nabi Muhammad, Ya Allah, Pemilik seruan yang sempurna ini dan salat yang ditegakkan, anugerahkanlah kepada Nabi Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi di surga) dan keutamaan (melebihi seluruh makhluk), dan bangkitkanlah beliau dalam kedudukan terpuji (memberi syafa’at) yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak menyelesihi janji.’

Kemudian setelahnya salat tahiyatul masjid.” (Dikutip dari Fatawa Ibnu Utsaimin, 14: 295)

Demikian. Hanya Allah Ta’ala yang memberi taufik. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Jumlah Minimal Jemaah Salat Jumat

***

Penulis: dr. Abdiyat Sakrie, Sp.JP. FIHA


Artikel asli: https://muslim.or.id/86596-menjawab-azan-atau-salat-tahiyatul-masjid-ketika-azan-salat-jumat.html